Mengapa Kita Merasa Gerah?

9 06 2010

Udara yang lembab membuat kita gerah. Karena kelembaban disebabkan oleh air, bukankah semestinya kita lebih merasa sejuk? Apa pasal pula kita mengandalkan AC untuk menyejukkan diri?

gerah

Kalau kita kepanasan, tubuh akan melepaskan air melalui pori-pori kulit untuk mendinginkan badan. Keringat di kulit kemudian menguap. Penguapan memerlukan panas. Panas itu disedot dari panas tubuh kita sendiri. Ketika panas tubuh merosot akibat penguapan, kita pun merasa lebih sejuk.

Ketika kelembapan udara semakin meningkat, laju penguapan pun merosot. Akibat penurunan laju penguapan, panas yang dikeluarkan untuk menguapkan keringat pun berkurang dan terhimpun di sekujur tubuh. Tak heran bila kita merasa gerah dengan situasi ini. Dirumuskan lain, kelembapan tidak meningkatkan suhu udara, melainkan menurunkan laju penguapan.

Kipas angin biasanya akan banyak menolong menyejukkan badan dalam kondisi udara yang relatif kurang lembab. Pada kondisi kelembapan tinggi dan udara yang panas, biasa AC menjadi andalan. Mesin ini tidak saja mengurangi suhu udara, melainkan juga kelembapan.


Aksi

Information

One response

22 06 2010
tepoci

nice post gan😀

btw follow tepoci ya gan hihi




%d blogger menyukai ini: