Mari Kita Sosialisasikan Bank Syariah!

28 05 2010

Kita akui bahwa Bank Syariah dinegri ini belum sepopuler bank konvensional. Hal ini terkait dengan tingkat profesionalisme bankir dan pengetahuan masyarakat itu sendiri, padahl manfaat dan maslahatnya sangat luar biasa, dunia akhirat. Makanya perlu menangglangi dan melakukan proses sosialisasi yang gencar dan aktif. Ini adalah salah satu gerakan dakwah juga akan kemaslahatn sistem ekonomi islam. Apalagi negeri ini mayoritas muslim, jadi perlu grakan penyadaran pemahaman.

bank syariah

Beberapa cara yang bisa di tempuh oleh setiap kita adalah:

  • idealnya sosialisasi perbankan syariah dilakukan sebanyak 5 juta kali dalam setahun. Asumsinya, jumlah masjid di Indonesia sekitar 600.000 buah. Jika dalam setahun hanya 1 kali sosialisasi di tiap masjid, maka dibutuhkan 600.000 kali sosialisasi.
  • Sosialisasi juga mutlak dilakukan berkali-kali dalam setahun kepada majlis ta’lim ibu-ibu yang tersebar di seluruh Indonesia. Ingat, hampir di setiap desa dan kelurahan terdapat majlis ta’lim ibu-ibu, jumlahnya ratusan ribu majlis ta’lim ibu-ibu.
  • sosialisasi terhadap pesantren yang jumlahnya mencapai 15.000. buah yang tersebar di Indonesia. Jika dalam setahun hanya dilakukan 1 kali kegiatan sosialisasi, maka dibutuhkan 15.000 kali sosialisasi. Sosialisasi juga harus dilakukan kepada seluruh seluruh Perguruan Tinggi, tidak saja kepada fakultas ekonomi dan fakultas syariah tetapi juga ke seluruh civitas akademika, biro rektor dan sebagainya.

Tidak hanya itu, perguruan tinggi islam yang tersebar di sluruh plosok negri, mesti mesti mencetak calon2 bankir yang handal dan memiliki integritas islam yang mantap .sehingga mampu menjadi bankir yang profesional d bidangnya agar tercipta suatu keseimbangan sistem d dalam perbankan syariah, di samping pelayanannya bagus tapi juga memliki integritas dan profesional dan bermanfaat bagi seluruh manusia.

Jika gerakan edukasi dan sosialisasi dilakukan secara optimal dan tepat, maka negeri ini akan di jamin aman dan sejahtera, terhindar dari riba. mari stiap kita mensosialisasikan bank syariah, agar mampu bangkit menjawab tantangan peradaban kapitalistik hari ini, bahwa islam juga mampu membangun peradaban.

http://ib-bloggercompetition.kompasiana.com/2010/05/25/mari-kita-sosialisasikan-bank-syariah/


Aksi

Information




%d blogger menyukai ini: