SBI Kok Terkesan Dipaksakan…

4 01 2010

Keinginan pemerintah pusat untuk terus mendorong sekolah-sekolah menjadi Sekolah Berstandar Internasional (SBI) terkesan seperti dipaksakan. Bukan hanya soal bahasa yang membuatnya demikian.

SBI

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala SMA Kanisius Menteng Jakarta, Romo E. Baskoro Poedjinoegroho, usai menjadi pembicara dalam diskusi bertema ‘SBI Menyongsong Era Masyarakat dan Perekonomian Berbasis Pengetahuan’, di Jakarta,

Romo Baskoro mengatakan, kesiapan sekolah untuk menjadi SBI tidak cukup hanya dari pemenuhan teori dan kurikulum, tetapi juga dari sisi kematangan tenaga pendidik atau gurunya.

“Guru-guru yang tidak siap itu mau apa, sementara kita tahu selama ini soal pendidikan bagi para guru saja tidak diperhatikan,” ujarnya.

Romo menambahkan, kebijakan SBI yang digaungkan sejauh ini tidak diikuti dengan kematangan rencana, baik dari segi infrastruktur maupun SDM yang akan melaksanakannya, mulai dar i pembuat kebijakan hingga para pelaksana kebijakannya di sekolah.

“Sebetulnya masalah paling pokok yang diperlukan oleh pemerintah dan kaum pendidik adalah komitmen pada pendidikan nasional yang dijalankannya sebagai seorang profesional,” ujar Baskoro.

“Jadi, soal untuk memeroleh pendidikan bermutu sudah cukup dengan sekolah nasional, soal bersaing secara internasional, saya sendiri tidak tahu bersaing dengan siapa,” tambahnya./KOMPAS.com


Aksi

Information

3 responses

8 01 2010
alim

sistm pndidkn msh perlu d evaluasi

10 01 2010
rio2000

sekolah mutu internasional? gimana mau mutu internasional kalo sekolah rawan roboh dan atap bocor +_+’

11 01 2010
alexa

aduh lagi2 salah strategi pemerintah kita, suka buang duit buat nyusahin rakyatnya….kapan ya pemerintah bisa lebih pinter???




%d blogger menyukai ini: