Universitas Indonesia Ranking 201 Dunia

22 10 2009

uiIndonesia merupakan Negara terbesar di Asia Tenggara yang tentunya juga memiliki Universitas universitas elit. Pertanyaannya adalah dari sekian banyak Universitas yang tersebar ke pelosok Nusantara, Yang terhitung dan yang mampu bersaing hanya berapa ? Inilah yang perlu menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah untuk melakukan perbaikan dan peningkatan mutu.

Jakarta, Universitas Indonesia (UI) menempati ranking 201 dunia berdasarkan rilis lembaga pemeringkat perguruan tinggi Times Higher Education-QS World University Ranking (THE-QS World). UI mengalahkan beberapa universitas terkenal di Filiphina, Malaysia, dan Vietnam. Peringkat ini naik dari ranking 287 pada 2008 dan ranking 395 pada 2007.

Hal tersebut disampaikan Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri saat memberikan keterangan pers di Gedung Depdiknas, Jakarta, Kamis (8/10/2009).

THE-QS World melakukan pemeringkatan 500 universitas terbaik di dunia dari 5.000 perguruan tinggi yang disurvei di seluruh dunia. Adapun indikator peringkat tersebut adalah unjuk kerja riset dan publikasi, unjuk kerja pengajaran, internasionalisasi, unjuk kerja keterserapan lulusan di dunia kerja, dan tata kelola.

Gumilar menyampaikan, peringkat tersebut diraih UI atas prestasi mahasiswa dan di bidang riset. UI, kata dia, sampai Oktober 2009 telah menjuarai 17 kejuaraan tingkat dunia mulai dari paduan suara, kontes debat, sampai olimpiade Matematika tingkat dunia. “Publikasi UI pada tahun ini hampir mencapai 10.000 buku publikasi,” katanya.

Gumilar menambahkan, hal lain yang membuat peringkat UI mencuat adalah internasionalisasi dan tata kelola menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Gumilar menyebutkan, selain menempati ranking 201 dunia, UI menempati ranking 102 di bidang ilmu sosial dan ranking 104 di bidang seni dan humaniora. UI juga menempati ranking 34 Asia, naik dari ranking 50 pada 2008, sedangkan di tingkat ASEAN UI menempati ranking lima.

Peringkat pertama sampai dengan lima universitas di ASEAN berturut-turut adalah National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University Singapore, Chulalongkorn University Thailand, University of Malaya Malaysia, dan Universitas Indonesia


Aksi

Information

One response

22 10 2009
muslimshare

ITS Surabaya peringkat berapa dunia ya?
hehe…

salam muslimshare
http://muslimshare.wordpress.com




%d blogger menyukai ini: