Pendaftaran CPNS 2009 Online akan di Terapkan Sul-Sel

8 10 2009

sul selPNS (Pegawai Negeri Sipil) merupakan pekerjaan yang paling diminati di negeri ini. Berbondong-bondong para alumni Universitas si seluruh Kampus mendaftar untuk memperbaiki nasib mereka demi masa depan. Sebagian kata orang, bahwa PNS adalah pekerjaan yang paling aman.

cpnsBerita hangat bagi para intelektual yang berada di lingkunagan sulawesi Selatan. Di lansir dari media terkemukan sul sel Fajar: Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Andi Murny Amien Situru, mengatakan, calon peserta ujian seleksi CPNS harus melakukan registrasi pada alamat situs internet BKD. Setelah proses registrasi, calon peserta akan memperoleh nomor registrasi.

Nomor registrasi akan diperoleh jika informasi kelengkapan berkas yang dimasukkan melalui internet telah memenuhi persyaratan. Selanjutnya, nomor registrasi tersebut ditempel pada amplop berkas lamaran yang ditujukan ke BKD Sulsel melalui pengiriman PT Pos Indonesia.

“Jadi tidak ada lagi yang berdesak-desakan di loket pendaftaran. Sistem pendaftaran melalui internet baru diterapkan tahun ini. Perlu diketahui, meskipun telah mendapat nomor registrasi, belum tentu lulus berkas, kalau ternyata informasi yang diberikan salah,” kata Andi Murny di kantornya, Rabu, 7 Oktober.

Penggunaan jasa pos untuk pengiriman berkas lamaran telah diterapkan sejak tahun lalu dan dinilai berhasil. Pendaftar yang lulus berkas akan dikirimi kartu dan nomor ujian juga melalui jasa pengiriman pos.

Pengiriman kartu ujian ke calon peserta seleksi CPNS melalui pos, kata dia, tidak akan bermasalah, karena PT Pos telah diminta untuk mengirimkan semua kartu ujian paling lambat H-3 pelaksanaan seleksi. Kartu ujian juga wajib diterima langsung oleh calon peserta ujian.

“Kalau ada calon peserta ujian yang tidak memperoleh kartu ujian hingga menjelang pelaksanaan seleksi, bisa berhubungan langsung dengan panitia. Makanya, peserta juga diminta mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi ketika ada masalah,” ujarnya.

Menurut Andi Murny, pendaftaran penerimaan CPNS rencananya akan diumumkan pada akhir November. Setelah formasi yang akan diterima selesai diumumkan, masa pendaftaran akan berlangsung sekira tiga pekan dan selanjutnya pelaksanaan seleksi.

Calon peserta seleksi CPNS dipastikan tidak dapat mengikuti seleksi di lebih satu tempat dalam lingkup Sulsel. Bahkan, peserta seleksi CPNS Sulsel maupun Sulbar juga harus memilih salah satunya. “Seleksi CPNS akan dilaksanakan serentak di seluruh kabupaten. Sulbar juga kemungkinan bersamaan dengan Sulsel,” ungkapnya.

Beberapa kabupaten/kota telah berupaya mengambil formasi jurusan yang akan diterima pada seleksi CPNS formasi 2009. Hanya saja, meskipun formasi tersebut telah diterima lebih dahulu, tetapi pelaksanaan ujiannya tetap bersamaan.

Pendaftar CPNS 2009 juga diberi kemudahan. Berkas yang harus dicantumkan dalam proses pendaftaran hanya ijazah terakhir yang telah dilegalisasi dan surat lamaran menjadi CPNS. Pendaftar tidak dibebani dengan berkas seperti foto copy KTP, surat keterangan berkelakuan baik, atau kartu AK1 atau kartu kuning dari Dinas Tenaga Kerja.

Kelengkapan berkas itu menjadi persyaratan wajib ketika pendaftaran ulang pendaftar yang dinyatakan lulus tes CPNS. BKD hanya mengingatkan perempuan yang ingin ikut mendaftar CPNS tidak boleh berstatus istri kedua. “Kalau ada yang lolos dan dikemudian hari terungkap, maka akan langsung dipecat,” tegasnya.


Aksi

Information

7 responses

8 10 2009
No Name

Sippp… gitu donk prosedure penerimaannya… jangan calon pencari kerja baru mau mencari sudah di bebankan berbagai macam dokumen kartu kuning, skck, surat dokter semuanya itu khan ng gratis……….

9 10 2009
kabariberita

semoga sukses dan yang terpenting JAUHI KKN

10 10 2009
bima

Mantap…

11 10 2009
BLOOGES

yah moga aja birokrasinya nggak berbelit-belit dan buntutnya KKN.. lanjudkan..

14 10 2009
sobatsehat

alham dulillah saya sudah PNS. amin
salam kenal juga om

19 10 2009
retnet

semoga gak ada kekeliruan data yang online dengan yg di lemari besi.
maju terus Indonesiaku….

20 10 2009
karim

sya juga berharap potnsi KKN sekcl mngkn, sya brusan pertma kali akn mndaftar CPNS,, hrapan LULUS MURNI………. WAJIB, smangt KARIM..




%d blogger menyukai ini: