Kendaraan Penghalang Asteroid

3 09 2009

astroidALam Semesta terdiri dari benda-benda angkasa, Galaxi, komet, planet, Black Hole, Bintang, dan masih banyak lagi benda-benda yang belum terungkap. Semuanya bergerak atas dasar gravitasinya masing-masing, berusaha untuk saling menstabilkan. Nah kali ini kita akan sedikit menyinggung bahasan asteroid dengan memanfaatkan teknologi.

KOMPAS.com – Setelah teknologi sukses membawa manusia menjelajahi angkasa, gagasan baru pun dikembangkan. Sejumlah ilmuwan Inggris, bersama perusahaan ruang angkasa Stevenage EADS Atrium, berencana membangun kendaraan angkasa pencegat asteroid besar yang membahayakan Bumi.

Kendaraan atau ”traktor angkasa” itu dirancang membelokkan orbit asteroid yang berisiko menabrak Bumi. Kendaraan tersebut akan menghadang asteroid hingga jarak 48 meter dari sumber ancaman lalu mendorong batu angkasa ke arah lain. Menurut ahli, hal itu dimungkinkan dengan menggunakan kekuatan dari tenaga surya.

Alat tersebut idealnya diluncurkan 15 tahun mendatang sebelum terjadi tubrukan Bumi-asteroid, seperti yang selama ini diperkirakan. Menurut laporan Program Obyek di Dekat Bumi Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), terdapat 1.068 benda yang dikenali sebagai ”asteroid yang potensial berbahaya”, yang diperkirakan berada di angkasa.

Para ilmuan berusaha menyingkap tabir rahasia alam semesta dan benda-benda angkasa. Semoga penemuannya mendekati kebenaran dan membuatnya sadar akan makna penciptaan.


Aksi

Information

2 responses

4 09 2009
hade

Penutupnya saya suka Mas…, semoga semua menjadi lebih “mengharga” Tuhan, bukan hasil kerja ilmuannya.

4 09 2009
ismail

betl skali, yg namanya makhluk pasti musnah, ilmu yang bermanfaatlah yg senantiasa ada….




%d blogger menyukai ini: