Gelombang Ultrasonik dapat Membunuh Nyamuk DBD

1 09 2009

nyamukPerkembangan teknologi berkembang begitu cepat dengan pesatnya di segala bidang, tak terkecuali dalam hal kehidupan serangga bernama nyamuk. Telah ditemukan sebuah alat yang dapt membuat nyamuk Teler dengan memanfaatkan Gelombang Ultrasonik.

Gelombang ultrasonik ternyata bisa membunuh serangga, salah satunya adalah nyamuk demam berdarah atau aedes aegypti.

Pancaran gelombang ini dengan kekuatan 30 KHz hingga 100 KHz secara terus-menerus dalam ruangan akan mengakibatkan terganggunya fungsi antena pada nyamuk yang berfungsi sebagai indra penerima rangsang.

“Nyamuk akan merasa tidak nyaman dan terganggu keseimbangannya hingga akhirnya mati,” kata I Wayan Teguh Wibawan, Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB), dalam kesempatan peluncuran AC LG Terminator di Jakarta, Rabu (19/8).

LG, perusahaan elektronik, melakukan riset bersama ITB untuk menggabungkan teknologi gelombang ultrasonik ini ke dalam AC. Hasilnya adalah AC LG Terminator. “Kami telah melakukan riset sejak 2007,” katanya.

Lebih lanjut, Wayan menuturkan bahwa percobaan dilakukan dengan melepaskan nyamuk-nyamuk aedes aegypti berjenis kelamin betina (strain liverpool) berumur 4-5 hari. Pada saat yang sama, dalam ruangan tersebut AC Terminator memancarkan gelombang ultrasonik.

Pengujian dilakukan dalam ruang pengujian standar penelitian insektisida dari Lembaga Kesehatan Dunia (WHO). “Hasilnya, gelombang ultrasonik mampu membunuh lebih dari 70 persen nyamuk yang ada di dalam ruangan dalam tempo 24 jam,” ujar Wayan.

Produk yang baru dilepas di Indonesia ini dibandrol Rp 4,5 juta per unit. “Harga ini tidak mahal kalau dilihat benefit yang diterima. Misalnya melindungi keluarga kita dari nyamuk demam berdarah,” kata Budi Setiawan, Direktur Penjualan LG Elektronik Indonesia.(KOMPAS.com )


Aksi

Information

One response

3 09 2009
Bugishq Blog

Terimakasih informasinya semoga sukses dengan blognya ya




%d blogger menyukai ini: