Ayo Menabung Ke Bank Syariah DEMI Indonesia Mandiri

22 08 2009

Saya secara pribadi sebagai bangsa Indonesia mengajak teman, terutama sobat muda untuk menabung dan berinvestasi melalui bank syariah yang membawa berkah dan maslahat bagi umat manusia secara umum dan khususnya muslim secara khusus, berikut petikan-petikan pendapat para pakar ekonomi yang berusaha mengapliaksikan ilmunya dan berusaha mewujudkan indonesia bermartabat dan mandiri melalui Bank Syariah.

Bank Syariah merupakan bentuk Perbankan nasional yang berdasarkan operasionalnya pada syariah /hukum islam. Menurut Shaik (2001), bank islam adalah sebuah bentuk dari bank modern yang didasarkan pada hukum islam yang sah, dikembangkan pada abad pertama islam, menggunakan konsep berbagi resiko sebagai metode utama, dan meniadakan keuangan berdasarkan kepastian serta keuntungan yang ditentukan sebelumnya. Menurut Muhammad (2002) dan Donna (2006) bahwa bank syariah merupakan lembaga keuangan yang beroperasi dengan tidak mengandalkan pada bunga yang usaha pokoknya memberikan pembiayaan dan jasa-jasa lainnya dalam lalu lintas pembayaran serta peredaran uang yang pengoperasiannya sesuai dengan prinsip Syariah Islam.

Menurut Boesono (2007), ada 3 prinsip dalam operasional bank syariah yang berbeda dengan bank konvensional, terutama dalam pelayanan nasabah, yang harus dijaga oleh bankir, yaitu: (1)Prinsip keadilan, yakni imbalan atas dasar bagi hasil dan margin keuntungan atas kesepakatan bersama antara bank dan nasabah. (2) Prinsip Kesetaraan, yakni nasabah penyimpan dana, pengguna dana dan bank memiliki hak, kewajiban, beban terhadap resiko dan keuntungan yang berimbang, dan (3) prinsip ketentraman, bahwa produk bank syariah mengikuti prinsip dan kaidah muamalah islam, artinya bebas riba dan menerapkan zakat harta.

Kemandirian bank Syariah di sini di tandai dengan tidak adanya patokan suku bunga Global, seperti yang diterapkan Bank-bank konvensional lain. Sehingga ketika terjadi krisis Global, maka bank Syariah tetap exist dan tidak terpengaruh. Transaksi terjadi hanya pada pihak nasabah dan Bank dengan menerapkan prinsip-prinsip Muamalah Syariah seperti yang telah dipaparkan di atas.

Olehnya itu, melalui tulisan ini, marilah kita berusaha memahami dan bersama-sama mengembangkan Perbankan Syariah. Tentunya dalam proses pengembangannya, bank Syariah juga mengalami kendala, seperti Sumber daya manusia dan peraturan perundang-perundangan. Namun ada beberapa program yang telah dan akan di lakukan dalam rangka pengembangan Perbankan Syariah:

Pertama: menerapkan visi baru pengembangan syariah pada fase I dengan membangun pemahaman perbankan syariah, pencapaian pertumbuhan industry dan asset, fase II, menjadikan perbankan syariah menjadi perbankan atraktif ASEAN.

Kedua: program pencitraan baru perbankan syariah, dengan menampilkan keunggulan kompetitif dengan produk dan skema beragam, transparan, kompeten dalam keuangan dan beretika, teknologi informasi yang selalu update dan user friendly serta adanya ahli investasi keuangan syariah yang memadai.

Ketiga: pemetaan baru secara lebih akurat terhadap potensi pasar perbankan syariah yang secara umum mengarahkan pelayanan jasa syariah sebagai layanan universal kepada seluruh lapisan masyarakat.

Keempat: pengembangan produk yang diarahkan pada variasi produk yang beragam yang di dukung oleh keunikan nilai yang ditawarkan serta peningkatan kualitas l;ayanan yang didukung oleh SDM yang kompeten dan penyediaan teknologi informasi yang mengakomodir kepuasaan nasabah serta mampu mengkomuniaksikan produk dan jasa bank syariah kepada nasabah secara jujur dan jelas, dengan tetap memenuhi prinsip syariah.

Kelima: program sosialisai dan edukasi masyarakat secara lebih luas dan efisien melalui berbagai sarana komunikasi langsung, maupun tidak langsung atau melalui media cetak, elektronik , online/ website yang bertujuan memberikan pemahaman tentang manfaat produk dan jasa perbankan Syariah.

Sebagai warga negara yang baik, khususnya pemerinta tentunya kita bangga ketika kita mampu membiayai rakyat melalui kemandirian, dan Sistem Ekonomi Syariah Insya Allah membawanya ke arah sana. Bertahap tapi pasti perbankan Syariah akan menjadi sistem Utuh di bidang ekonomi yang akan diterapkan diseluruh dunia dengan perkembangan pesat tiap tahunnya.

“Laboratorium Ekonomi dan Bisnis Islam UGM”


Aksi

Information

One response

23 08 2009
dul

perbankan syariah tumbh 15% perthun sejak 3 tahun terakhir, bngkitlah syariah demi kesejahteraan umat dan rakyat indonesia




%d blogger menyukai ini: