Puasa adalah Obat

21 08 2009

ramadhanMendengar kata Ramadhan, rasanya hati terasa sejuk dan terharu. Untaian tawaran hikmah tertuang di dalamnya. Beliau Ibarat tamu agung yang ditunggu-tunggu kedatangannya. Lipatan pahala tak terkira ada di dalamnya, Hikmah lain yang tak kalah pentingnya adalah kesehatan. Banyak orang mendambakan bertemu ramadhan namun, ajal datang menjemput, ataukah terbaring lemas di pembaringan, sungguh beliau membawa berkah yang besar bagi umat manusia, Fisik maupun Rohani, Ku sambut dikau dengan senyum seraya berucap, Ahlan Wa sahlan Ramadhan, semoga engkau membawaku ke maqam yang tinggi di HadiratNYA. Amiin.

Kita akan membahas hikmah Puasa dari sisi kesehatan. Puasa tidak saja di perintahkan bagi umat islam, namun sejak dahulu kala. Agama-agama samawi yang terdahulu pun demikian ketika masih MURNI ajarannya. Zaman Sekarang Dokter di dunia, termasuk Jepang dan Amerika Serikat kini memasukkan puasa sebagai terapi kesehatan. Dari segi fisik, puasa yang prakteknya adalah menahan lapar dan dahaga ternyata berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah.  Guru Besar Gizi Unhas Prof. Dr Veni Hadju mengungkapkan: Pada hakikatnya puasa merupakan sarana untuk berlatih untuk menahan diri dari hawa nafsu.  Tanpa  kita sadari selama berpuasa, tubuh kita mampu memurnikan racun pada tubuh melalui kolon, ginjal, paru-paru, kelenjar limpa, dan kulit. Selain itu, dengan berpuasa diri menjadi lebih bugar dan fit dengan bobot tubuh berkurang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penurunan badan normal sebesar 1-4 kg. Artinya puasa cocok bagi yang ingin diet.

Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan agar puasa tetap fit dan segar:

1.MADU
Khasiat : meningkatkan stamina serta mempertahankan stabilitias tubuh agar tetap sehat dan bugar, melancarkan proses metabolisme, untuk kecantikan dan awet muda, mencegah gangguan pencernaan, dan lain-lain

2.KURMA
Khasiat : meningkatkan stamina dan energi, mencegah & mengatasi anemia (kurang darah), melancarkan pembuangan, sebagai penenang (merileksasi sel otot tubuh yang tegang), mencegah pendarahan rahim.

3.JAHE
Khasiat : meningkatkan stamina, mengatasi perut kembung, masuk angin, mual, muntah, sakit kepala, pusing, demam, dan lain-lain

4.TEMU LAWAK
Khasiat : kolesterol tinggi, meningkatkan stamina tubuh/tonikum, kurang darah, radang lambung/maag, perut kembung, dan lain-lain.

5.KENCUR
Khasiat : meningkatkan stamina tubuh, menghilangkan bau mulut, radang lambung, kembung, mual, muntah, masuk angin, dan lain-lain.

6.Ubi Jalar Merah
Khasiat : perut kembung, peluruh kentut, masuk angin, gangguan lambung

7.KUNYIT
Khasiat /efek ; radang lambung, memperlancar pengeluaran empedu sehingga mengurangi perut kembung, mual, dan rasa begah di perut.

8.Kayu Manis
Khasiat : untuk radang lambung, mual, muntah-muntah, perut sebah dan kembung.

9.CENGKEH
Khasiat : untuk sakit lambung, muntah karena lambung dingin, mual, kembung.

Begitu agung Dikau ramadhan, membawa kami sehat jasmani dan rohani, mudah-mudahan kita tetap bersama selama sebulan penuh, dan bisa bertemu kembali di tahun depan. Amin


Aksi

Information

3 responses

23 08 2009
Cerita Menarik

marhaban ya ramadhan

24 08 2009
ismail

sma2 bro

25 08 2009
ganesha

Assalamualaikum..,
Wah,,
Puasa bsa ngurangin berat badan ni,,
Kirain nmbahin berat badan,,
Hehehe,,

Kunjungan balik mas,,😀




%d blogger menyukai ini: