Tumbuhkan Kecintaan Sains untuk Siswa

1 07 2009

EinsteinJAKARTA, – Indonesia bisa memiliki ilmuwan-ilmuwan berkualitas yang tahu memanfaatkan kekayaan Tanah Air Indonesia. Untuk itu, perlu diperkuat penguasaan sains sejak di tingkat dasar. Caranya bermacam-macam, antara lain lewat olimpiade sains.

“Kita mesti terus membuat sains disukai anak-anak, bukan malah ditakuti. Perlu ada kompetisi-kompetisi yang memunculkan bakat sains anak-anak SD kita dari seluruh Indonesia,” kata Sanny Djohan, pimpinan Majalah Kuark Internasional dalam penutupan final Olimpiade Sains Kuark di Jakarta, Minggu (28/6).

Selama tiga tahun ini, majalah komik sains SD itu menggelar Olimpiade Sains Kuark (OSK) yang bisa diikuti semua anak siswa SD. Tidak ada syarat anak mesti punya nilai sains bagus atau ranking di kelas.

Pada babak final di Jakarta sebanyak 297 anak melaksanakan ujian tes teori dan eksprimen Sabtu kemarin. Pada Hari Minggu peserta yang berasal dari seluruh Indonesia itu diajak untuk mengunjungi Kota Tua Jakarta sebelum acara penutupan pada sore harinya. Tema tahun ini “Aku maju Bangsaku Maju”.

“Saya bemimpi anak-anak kita berperan aktif untuk memajukan bangsa lewat sains. Yang terpenting dalam pelaksanaan OSK bukanlah menang atau kalah, tapi harus bisa mengimplementasi dan berbuat untuk Indonesia,” ujar Sanny.

Pada kesempatan itu diberikan penghargaan khusus pada Davina Ramli (8), siswa SD Trinitas Cikarang. Davina bukan saja ikut OSK untuk bisa meraih juara. Dia ingin memberikan hadiah uang yang didapat untuk membantu teman kecilnya yang menderita leukemia. (Ester Lince Napitupulu) -(KOMPAS.com-)


Aksi

Information




%d blogger menyukai ini: