Relevansi Hakekat Ramadhan dengan Kemerdekaan

28 09 2009

Pada awalnya Salah satu alasan Para Penjajah bertamu ke Indonesia adalah berdagang. Namun ketika melihat potensi aset SDA negeri ini, niatnya berubah ingin menguasai Seluruhnya. Dan Penjajahan pun terjadi kurang lebih 3,5 abad. Rakyat tertindas, setelah itu di mulailah perjuangan.

Kemerdekaan telah kita raih.  Makna Kemerdekaan itu tidak sekedar terbebas dari penjajahan fisik belaka seperti yang terjadi dan mendera generasi nenek moyang kita, tetapi marilah kita maknai secara general dari segala aspek kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. Pada hakekatnya penjajahan akan selalu ada dalam pergolakan dan pergaulan dunia sepanjang dunia ini masih berotasi dan berevolusi, hanya formasinya yang berubah dalam konsep dan aplikasi. Makanya dalam peringatan kemerdekaan seharusnya di maknai secara filosofis bukan euforia secara hedonis belaka saja.

Syukur Alhamdulillah pasca peringatan kemerdekaan tahun 2009 ini dalam usianya ke 64 tahun diikuti dengan datangnya bulan Ramadhan 1430H . Adakah relevansi secara filosofi???

merdeka

ramadhanBulan Suci Ramadhan di kenal juga dengan Bulan Jihad dan Kemerdekaan. Uraian tinta sejarah umat manusia telah mencatat beberapa peristiwa penting yang terjadi di bulan ini. Perang Badar terjadi pada tanggal 17 Ramadhan tahun 2 H, banyak para Syuhada yang syahid pada saat itu, namun pengorbanan para syuhada tersebut tergantikan oleh Allah SWT dengan memberikan Kemenangan kepada Umat Islam, serta terbunuhnya “Gembong Jahiliyah” saat itu, Abu Jahal. Perang Badar merupakan perang pertama kali yang dialami kaum muslimin semenjak diutusnya Muhammad saw sebagai Rasul.

Begitu pula dengan kemerdekaan Republik Indonesia, merdeka pada hari Jum’at tanggal 8 Ramadhan 1364 H yang di Ploklamirkan oleh Proklamator bangsa Soekarno-Hatta. Lautan darah bercampur tetesan air mata tergantikan dengan menggemanya kata “MERDEKA”.

Oleh karena itu, momentum Kemerdekaan yang bermakna ini kita berikan apresiasi tinggi untuk memperbaiki kualitas demi kelanjutan bangsa indonesia tercinta ini ke depan dan berusaha memerdekakan potensi bangsa yang terjajah selama ini melalui beberapa aspek secara budaya, politik dan ekonomi. Membawa kewibawaan seutuhnya negara ini di mata dunia, yang tidak sekedar penghargaan dalam bentuk “pujian ” belaka namun teraplikasi secara totalitas ke seluruh aspek dan lapisan masyarakat.

Kata MERDEKA kita jadikan bahan motivasi dan tetap bersemangat melanjutkan perjuangan para pendahulu kita yang telah gugur untuk memerdekaan negeri ini, bukan malah sebaliknya mengambil manfaat untuk memperkaya diri dan golongan dengan mengeksploitasi SDA yang kaya ini. Mari merenung bersama hikmah ramadhan di awal bulan Syawal yang di tandai dengan Bergemanya takbir kemenangan Yang membahana Ke langit Nusantara.

lombaLomba yang menyediakan banyak hadiah bagi para pemenang ini akan digelar mulai tanggal 20 Juli 2009 diperpanjang hingga 30 September 2009 dan pengumuman pemenang pada tanggal 13 Oktober 2009

Lomba blog ini memperebutkan lima(5) hadiah utama dan tersedia hadiah menarik bagi 15 pemenang hiburan dan gratis voucher diskon 30% bagi seluruh peserta lomba, dengan detail hadiah sebagai berikut:

Juara Hadiah Utama Merchandise
1 ACER Aspire One bingkisan eksklusif dijaminmurah.com + sertifikat
2 KODAK EasyShare C1013 bingkisan eksklusif dijaminmurah.com + sertifikat
3 Smartphone bingkisan eksklusif dijaminmurah.com + sertifikat
4 ALTEC LANSING VS2521 bingkisan eksklusif dijaminmurah.com + sertifikat
5 External Storage 160GB bingkisan eksklusif dijaminmurah.com + sertifikat

Selain itu ada hadiah menarik untuk 15 pemenang hiburan dan seluruh peserta lomba:

  1. 15 pemenang hiburan masing-masing mendapatkan merchandise dijaminmurah.com + voucher diskon 30% berlangganan produk dijaminmurah.com selama 1 tahun
  2. Setiap peserta berhak mendapatkan voucher diskon 30% berlangganan produk dijaminmurah.com selama 1 tahun jika berencana menggunakan layanan dijaminmurah.com setelah lomba berakhir


Aksi

Information




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: